Monday 15 November 2010

Tips Buat yang lagi Patah hati


Patah hati! Sakit sekali rasanya…. Orang yang kita sayangi tiba-tiba sudah tidak bersama kita lagi... apalagi penyebab hilangnya pujaan hati tidak bisa kita terima seperti putus karena selingkuh, ditinggal kawin, ditinggal mati (hehehe). terus sakitnya juga nambah kalo kita ingat cara kita ngedapatin pujaan hati juga susah dan penuh pengorbanan, apalagi yang first love, pasti akal akan kacau, pikiran stress, lupa sama dengan orang-orang di sekitar kita, hilang semangat hidup, sampe jasmani terkena dampak, sakit  parah banget kalo akhirnya mati dalam patah hati (lebay mode ON).

Di kantor, ada teman cwe yang pernah curhat ke saya karena kegagalan cintanya (padahal gagal adalah kesuksesan yang tertanda, ehehehe), yagh mereka termasuk Long Distance juga jadi jarang ketemu, sering putus-nyambung juga kayak sinyal kalo malam lebaran hahahah, terus kalo gak salah mereka bubar gara-gara cowoknya “sweeping HP” terus membaca berita terkirim dan ternyata berita terkirim untuk “sang mantan” wkakakakak (lagunya Matta Band: Ketahuan) padahal teman saya sudah menghapus semua SMS tapi sial dia lupa hapus berita terkirimnya… sampe sekarang status mereka adalah “PUTUS”. Mudah-mudahan bisa nyambung lagi, soalnya teman saya nigh, kayak lagunya kotak (masih Cinta) masih pengen balikkan lagi, Cuma dia-nya gengsi minta balik duluan (makan tugh gengsi :D) ,   

So, terinspirasi dari teman kantor yang patah hati inilah karena di tinggal kekasih hatinya, aku coba rangkum berbagai artikel untuk mengobati patah hati (+ pengalaman pribadi nigh, heheheh)..  mudah-mudah bermanfaat….

1.    Usahakan jangan lagi memikirkan si dia, apalagi kalo sendiri!
Kurangi, atau JANGAN pikirkan orang yang tidak memikirkanmu, karena memikirkannya akan membuat kamu emosi, membuang waktu, dan menguras energi. Alihkan pikiran dan fokusmu kepada hal lain yang lebih ada gunanya daripada ingat dia. Misalnya bekerja, baca buku, ONLINE, membantu orang tua, keluarga, tetangga bahkan teman. Sebisa mungkin lawan keinginan memikirkan dia, main POKER, chat, dijamin bisa menyembuhkan sakit hati dalam waktu singkat!!!

2.    terkenang
Kenangan membuatmu mengingat dia, positif thinking!.  Simpan benda apapun yang bisa mengingatkanmu pada dirinya seperti hapus kontak, alamat FB, twitter, SMS romantic, foto narsis and mesra, kartu ucapan, hadiah-hadiah, parfum. kumpulkan dalam 1 dus atau karung simpan ditempat yang kering dan sejuk, tidak terkena dengan sinar matahari langsung (maksudnya biar gak rusak, siapa tau bisa balik lagi) simpan saja di gudang, atau bisa juga dibagi2 ke panti asuhan atau korban bencana alam, kalo hadiahnya mahal simpan aja baik2 klo kepepet bisa dijual buat tambah-tambah biaya pernikahan dengan pasangan barumu dikemudian hari, khan seru!, apalagi kamu mengundang dia ke wedding day kamu, nah pas jabat tangan doa restu, bisikan di telinganya, “hadiah mobil kamu dah kujual buat pesta q” (wkakakaka!!)
“Semakin sedikit hal yang mengingatkanmu padanya, semakin cepat kemungkinan hatimu pulih. Mudah-mudahan saja tidak ada anggota keluargamu yang wajahnya mirip si dia ya? Kalau ya…repot juga, hehehe”.
Walau demikian, tidak perlu membencinya, artinya, persahabatan dan silaturahim harus tetap diupayakan, bila suatu saat bertemu tidak sengaja, Anda tidak perlu menghindar. Dan Anda tidak perlu menelponnya kalau tidak perlu sekali.
"semakin kita membencinya semakin sulit memulihkan rasa patah hati"

3.    Jangan teringat masa lalu
Buat sementara waktu jangan dulu deh pergi ke tempat-tempat pacaran favorit berdua waktu masih akur dulu. Lha, kalo barang-barang udah dijauhin, tapi kita tetap main-main ke tempat ini, jadi bernostalgila lagi dong?

4.    Pikirkan kekurangannya!
Pada dasarnya orang baik gara-gara ada maunya, wakakakak.. kalo kamu terus memikirkan kelebihannya, pasti kamu akan terus sedih, karena hanya dari dialah kamu menemukan kelebihan2 itu.  So, ingat-ingat kekurangan dia, kumpulkan setiap kekurangannya, dengarkan jika teman-teman baik membeberkan kekurangan-kekurangan mantan kamu dan membantu kamu untuk memandang dia lebih realistis. Tetapi jangan teruskan pembicaraan yang bersifat ‘penuh kebencian’. jadi bisa saling mengimbangi kelebihan dan kekurangannya dengan begitu kamu bisa kembali merasakan dia bukan siapa2 lagi buat kamu..

5.    sibuk sibuk
Cari kesibukan Kerjakan semua hal positif yang membuatmu bahagia, dan jangan berdiam diri, sehingga tak ada waktu untuk memikirkan dia.. banyak hal yang lebih baik yang bisa kamu lakukan dan terlupakan saat masih bersama dia. Misalnya di ajak teman geng ijolumut (ikatan joMblo lucu dan imut) nongkrong malam minggu, atau  ikatan komunitas sapa tau dapat gebetan xixixixix, asal jangan sibuk ngurusin rumah tangga orang wkakakaaka

6.    Lakukan hal-hal yang dia tidak suka
Waktu masih dengan dia, ada hal-hal tertentu yang dia tidak mau kau lakukan. Sekarang tunjukkan expresimu, kamu bebas berbuat apapun. Misalnya dulu dia gak  suka kamu pake baju hitam, sekarang kamu bisa pake baju hitam biar kelihatan keren ke tempat Showtime nonton KOTAK bareng gengmu siapa tau dapat cowok ROCKER

7.    POTONGLAH RAMBUT
Dengan mengurangi volume rambut bisa mengurangi beban pikiran, Secara simbolis memotang rambut berarti mengangkat beban dari pundak atau memulai sesuatu yang baru


      8.    Salurkan emosi ke hal hal positif
Kalo sudah emosi, lakukan apa yang kamu mau. kamu boleh menangis, menulis puisi,  diary, update status, atau teriak sekeras-kerasnya dalam air(awas di kira orang gila), asal tidak merugikan diri kamu dan orang lain.   
Tapi berjanjilah satu hal...kasih deadline untuk kesedihanmu. Tiga harikah atau seminggukah. Jangan lebih dari itu. Kalau perlu buat hukuman jika kamu larut dalam kesedihan melebihi kontrak yang sudah kamu buat dengan dirimu sendiri.

     9.    tetap berpikir jernih
Berpikir jernih, Kamu sudah terluka karena dia, jangan dibikin parah dengan hal- hal yang merugikan diri sendiri misalnya mabuk2an, ngedrugs , karena sama halnya kamu merugikan orang-orang yang menyayangimu, hal yang bisa dilakukan adalah memanjakan diri , berolahraga, les musik, atau membaca buku

“Yakinkan diri kamu kalau kejadian itu memang harus terjadi. Percaya pada kemampuan diri sendiri, itulah cara untuk menyembuhkan perasaan. Luapan kegembiraan tidak harus selalu berakhir di pelaminan. Putus cinta memang menyakitkan, tetapi tidak separah perceraian”.

 
10. Kehadiran sahabat
Pada saat seperti ini, kehadiran sahabat akan sangat membantu. Habiskan akhir pekan kamu  untuk bersenang-senang bersamanya. Usahakan jangan membahas hubungan Anda yang telah kandas berkali-kali, masih ada banyak topik yang seru untuk dibicarakan.  Lebih banyak kamu bersama teman-teman lebih cepat si dia hilang dari bayangmu (kata orang bijak, wkakak)

11.  ingat kepada-Nya
Ini yang obat mujarab untuk sakit hati, yaitu tetap mengingat Allah, sebenarnya tips2 di atas tidak akan banyak membantu. Bila kita terus mengingat pencipta manusia, kita akan mengerti arti hidup, sakit hati adalah akibat dari ketidakikhlasan diri kita menerima kenyataan yang ada, kesalahan kita dalam memaknai arti cinta,. Sesungguhnya hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram. Jangan pernah kehilangan kepercayaan kepada-Nya. Terima apa yang terjadi dengan ikhlas. Mudah-mudahan Allah memaafkan kesalahanmu, dan memberi ganti sosok yang lebih baik. Pada waktunya nanti. InsyaAllah.

(dari berbagai sumber)


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentarnya :)