Sunday 22 January 2012

Dampak SOPA dan PIPA?: megaupload.com DISEGEL

Bagi kalian yang doyan Unduh (download) gratis, bersiap-siaplah akan kehilangan akses dari situs donload gratis,. dengan Bergulirnya kontroversi Undang-UndangStop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect Intellectual Property Act (PIPA) mulai memberikan bayangan menakutkan bagi situs-situs pengunduh gratis. 




Hal yang telah terjadi pada situs donload megaupload.com dan telah resmi di tutup pada 19 Januari 2012,  bahkan pendiri sekaligus pemimpin utama situs pengunduh megaupload, Kim Schmitz ditangkap,





Ambruknya Megaupload tak hanya berpengaruh ke konsumen, tapi juga sebuah perusahaan yang berbasis di Washington. Perusahaan layanan provider Internet Cogent Communication Grup tercatat mengalami penurunan pendapatan terbesar selama tiga tahun. Lebih dari 19 persen pendapatan hilang akibat penutupan Megaupload. Sebab mereka adalah penyuplai Megaupload.

Mulai dari komputer, pita lebar Internet, hosting, dan layanan pendukung disediakan oleh Cogent Communication Group. Megaupload dilaporkan sudah mentransfer US$ 30 juta ke Cogent sejak Februari 2009 hingga Juli 2011. FBI pun telah mendatangi kantor pusat Cogent. Menurut analis, tak hanya Cogent yang akan kehilangan sumber dana, tapi juga kompetitornya seperti Level 3 Communication Inc dan Global Crossing juga berisiko ditutup dengan alasan yang sama.

Penutupan situs Megaupload pada Kamis 19 Januari 2012 menimbulkan kemarahan para peretas. Kelompok yang menamakan diri mereka Anonymous meretas sejumlah situs badan negara Amerika Serikat. Situs-situs yang menjadi korban adalah situs milik FBI, Departemen Kehakiman, Motion Picture Association of America (MPAA), dan Recording Industry Association of America (RIAA).


tempo

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentarnya :)